Universitas Di Sumatera Untuk Kuliah S1 Manajemen, Sudah Akreditasi A Loh!

Sumber gambar: pixabay
Sebagai salah satu jurusan yang memiliki peluang kerja luas di masa sekarang maupun masa depan, kuliah jurusan Manajemen memang banyak diminati oleh calon mahasiswa terutama bagi mereka yang bermimpi bekerja di sebuah perusahaan atau organisasi. Ada banyak jenis peminatan atau konsentrasi bidang manajemen, mulai dari Manajemen Keuangan, Manajemen Bisnis, Manajemen Pemasaran, Manajemen Operasional, dan lainnya.

Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang Manajemen, hampir semua universitas di seluruh Indonesia menyediakan prodi satu ini. Khusus untuk wilayah Sumatera, berikut ini ada beberapa rekomendasi universitas dengan akreditasi A untuk jurusan Manajemen:

Universitas Negeri Padang
Universitas Negeri Padang mendapatkan akreditasi A untuk jurusan S1 Manajemen dari BAN PT, berkat kerjasama yang dilakukan dengan College of Business Universiti Utara Malaysia sejak 2007, kini tersedia program S1 Manajemen Dual Degree untuk calon mahasiswanya.

Selama proses pembelajaran nanti, mahasiswa akan dihadapkan dengan 4 macam konsentrasi jurusan Manajemen yang bisa dipilih mulai dari Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen Sumber Daya Manusia, dan Manajemen Operasional.

Bagi karyawan yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang S1 Manajemen, jika tidak memiliki waktu luang bisa memilih universitas yang menyediakan sistem kuliah online S1 yang saat ini banyak disediakan di berbagai universitas di Indonesia.

Universitas Riau
Jurusan Manajemen di universitas ini berada di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, telah mendapat akreditasi A dari BAN PT. Prodi Manajemen di universitas Riau memiliki tujuan untuk menghasilkan sarjana yang mengkhususkan diri dalam melakukan analisis pengelolaan perusahaan serta penerapannya dilakukan secara fungsional, selain itu alumni diharapkan dapat melaksanakan tugas sesuai dengan jabatannya sehingga mampu memberikan kontribusi untuk masyarakat.

Prodi S1 Manajemen di tahun 2019 ini melakukan kerjasama dengan International Business School UTM, hal ini terlihat dari kunjungan yang dilakukan pihak prodi S1 Manajemen ke UTM di tanggal 23 - 26 April 2019.

Universitas Internasional Batam
Universitas ini menyediakan program sarjana Manajemen dengan standar internasional, memiliki visi ‘menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan dan kewirausahaan, berkompeten dalam bidang hubungan industri, keuangan perusahaan, pemasaran business to consumer, serta tanggap dalam mengantisipasi perubahan global yang dinamis’. Manajemen S1 di universitas ini mendapat akreditasi A, untuk dapat lulus kuliah jurusan Manajemen ini mahasiswa diwajibkan menyelesaikan 54 mata kuliah yang ada.

Selama perkuliahan, mahasiswa diharuskan mengambil sertifikasi internasional yang disediakan untuk program sarjana manajemen oleh pihak universitas yakni CISMA (Certified International Sales Management Associate), CFMA (Certified Financial Management Associate), CRM (Customer Relationship Management), dan Project Management.

Universitas Andalas
Program studi manajemen di Universitas Andalas telah mendapatkan akreditasi A dari BAN PT,
Memiliki visi ‘menjadi institusi pendidikan tinggi yang terdepan dalam bidang pendidikan dan riset ilmu manajemen, bereputasi nasional, dan berwawasan internasional yang berintegritas’. Prodi Manajemen Andalas menggunakan kurikulum KKNI yang mensyaratkan adanya profil prodi, kompetensi, dan capaian pembelajaran.

Profil Manajemen Andalas sendiri dirumuskan dengan 3 kali kegiatan workshop di tahun 2014 hingga 2016, sedangkan kompetensi lulusannya diarahkan pada pengembangan kompetensi profesional dan keilmuan pada bidang manajemen yang memiliki jiwa kewirausahaan, berwawasan global, dan menjunjung tinggi profesionalitas, integritas, dan etika bisnis.

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim
Bagi yang ingin melanjutkan pendidikan S1 bidang Manajemen Pendidikan Islam atau Manajemen Dakwah S1 dengan akreditasi A, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim atau disingkat UIN Suska menjadi rekomendasi universitas yang dimasuki. Program studi Manajemen Pendidikan Islam berada pada fakultas tarbiyah dan keguruan, sedangkan untuk manajemen dakwah berada pada fakultas dakwah dan komunikasi. Sama halnya dengan Universitas Negeri lainnya, fasilitas dan kualitas pembelajaran yang diberikan tidak perlu dipertanyakan lagi.

Meski saat ini banyak universitas yang juga menyediakan sistem kuliah online yang biasanya diusulkan untuk karyawan, namun sayangnya universitas ini tidak menyediakan kuliah online S1 untuk calon mahasiswanya.

Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin Jambi
Program studi Manajemen Pendidikan Islam jenjang S1 Universitas ini telah mendapat akreditasi A dari BAN PT, berada di fakultas Tarbiyah. Tidak perlu kuatir masalah biaya jika berniat masuk universitas ini, selain menyediakan berbagai program studi yang terjangkau namun mahasiswa juga berpeluang mendapatkan beasiswa seperti beasiswa Bank Indonesia, beasiswa tahfidz Al-Quran, beasiswa prestasi, beasiswa Bank Syariah Mandiri, beasiswa kajian keislaman, serta beasiswa Bidikmisi.

Memilih tempat kuliah jurusan Manajemen terbaik yang sudah terakreditasi menjadi hal yang sangat penting, hal ini dilakukan untuk mendapatkan kualitas pendidikan terbaik yang bisa diterima. Selain berbagai nama universitas di atas, berbagai universitas lainnya yang ada di wilayah Sumatera juga tidak kalah menarik untuk dimasuki. Meski beberapa universitas tersebut tidak mendapat akreditasi A untuk jurusan Manajemen, namun kualitas pendidikan yang diberikan tentunya tidak kalah menarik.

0 comments:

Posting Komentar