Ketahui Hal-Hal Ini Sebelum Melakukan Smoothing Rambut

Smoothing rambut atau melakukan pelurusan rambut dengan hasil yang lebih alami, kini semakin banyak diminati kaum hawa. Jika pada sekitar 10 dekade yang lalu rebonding lebih populer, kini baik rebonding maupun smoothing menjadi pilihan perawatan rambut yang sama-sama sering dilakukan wanita. Smoothing rambut memang tidak menghasilkan rambut lurus permanen, tetapi hasil rambut yang halus dan dianggap tidak terlalu merusak membuat smoothing digandrungi. Terutama oleh kaum milenial yang cenderung lebih suka hal-hal berbau alami.

Namun, sebelum kamu mulai pergi ke salon untuk smoothing, ada baiknya memperhatikan beberapa hal yang harus dilakukan.

Hal-Hal yang Perlu Diketahui Ketika Smoothing Rambut


1. Smoothing Rambut Memerlukan Waktu yang Lama

Dibandingkan rebonding, smoothing memerlukan waktu pengerjaan yang lebih lama, yaitu sekitar 2 hingga 3 jam. Inilah mengapa sebelum smoothing ada baiknya memilih waktu yang tepat, yang kira-kira kamu luang sekitar 3 jam hanya untuk smoothing. Waktu smoothing tidak bisa diburu-buru karena hasilnya nanti tidak maksimal dan rambutmu tidak bisa lurus dengan baik.

2. Tanyakan Penggunaan Obat untuk Smoothing

Obat-obatan untuk smoothing jenisnya bermacam-macam dari produk yang berbeda. Ada baiknya kamu bertanya pada tempat kamu melakukan smoothing terlebih dulu, kira-kira apakah ada obat untuk jenis rambutmu. Misalnya, rambutmu tipe yang berminyak dengan kondisi sangat lebat, tentu akan berbeda obatnya dengan rambut dengan tipe kering. Hal ini penting supaya tidak ada kesalahan obat dan malah merusak rambut di kemudian hari.

3. Harga Smoothing Rambut Lebih Mahal Daripada Rebonding

Sebenarnya selain smoothing ada pilihan lain untuk meluruskan rambut, yaitu dengan rebonding. Hanya saja rebonding rambut biasanya memiliki risiko kerusakan rambut lebih besar daripada smoothing, hasil yang permanen juga terkadang membuat rebonding dihindari beberapa wanita. Namun, ongkos untuk melakukan smoothing lebih besar dibanding rebonding. Hal ini kemungkinan karena hasil yang didapatkan pun berbeda. Smoothing menghasilkan rambut lurus alami dan lebih tampak halus.

Oleh sebab itu, jika kamu menginginkan rambut lurus alami tanpa peduli biaya, smoothing bisa menjadi pilihan. Namun, sebenarnya kamu bisa mencari salon yang memberikan harga terjangkau atau melakukan smoothing sendiri di rumah menggunakan produk tertentu dan lakukan dengan hati-hati.

4. Perawatan Setelah Smoothing Rambut Perlu Dilakukan Rutin

Sebenarnya merawat rambut perlu dilakukan setiap hari, entah itu dalam kondisi tanpa atau dengan smoothing. Hanya saja, perawatan rambut setelah smoothing harus lebih intens supaya rambut tidak rusak.

Perawatan Usai Smoothing Rambut

Beberapa perawatan yang perlu kamu perhatikan setelah melakukan smoothing rambut adalah sebagai berikut.

Pertama, lakukan keramas dengan air biasa setelah beberapa hari melakukan smoothing. Biasanya pihak salon akan mengatakan kapan waktu yang tepat untuk keramas demi menghilangkan bahan kimia pada rambut.

Ada baiknya juga tidak menggunakan hairdryer untuk mengeringkan rambut, cukup dengan handuk supaya tidak membuat rambut mengalami kerusakan. Gunakan pula sisir bergigi jarang supaya rambut tidak patah. Selain itu, gunakan condisioner atau pun masker rambut jika perlu. Beberapa spray untuk melembabkan rambut juga patut dicoba supaya rambut hasil smoothing tidak kering dan akhirnya patah.

Untuk melakukan perawatan tersebut, penggunaan produk khusus rambut smoothing akan lebih disarankan. Contohnya seperti menggunakan produk perawatan Tresemme yang khusus untuk smoothing. Produk Tresemme khusus rambut smoothing sangat beragam, mulai dari Tresemme Keratin Smooth Flat Iron Smoothing Spray, Tresemme Keratin Smooth Shampoo, dan produk Tresemme Keratin Smooth lainnya.

0 comments:

Posting Komentar