Ciri-ciri Kecerdasan Kinestetik dan Cara Mengembangkannya

Setiap orang punya keterampilan yang berbeda-beda dengan yang lain, entah ada yang pintar di bidang melukis, dalam pelajaran, atau pun berolahraga. Apakah kamu termasuk yang suka berolahraga? Mungkin kamu termasuk orang yang punya kecerdasan kinestetik.

Kecerdasan yang lebih lihai dalam mengontrol gerakan fisik ini memang lebih menguasai kegiatan-kegiatan yang melibatkan segala gerakan tubuh, entah bermain basket, futsal, gymnastic, dan sebagainya. Tidak hanya itu, mereka pun akan semakin lebih gampang mengeluarkan ekspresi mereka saat melakukan gerakan tubuh, entah melalui motorik kasar atau pun halus.

Ciri-ciri Kecerdasan Kinestetik

Kalau kamu punya tipe kecerdasan ini, pastinya kamu akan gampang dalam melakukan gerakan keseimbangan, kecepatan, kelenturan badan, dan koordinasi antar bagian tubuh. Salah satu ciri yang paling terlihat kalau anak punya kecerdasan kinestetik, yaitu tidak gampang diam dan selalu gelisah buat melakukan segala gerakan.

Tidak hanya ciri itu saja, masih ada ciri lainnya yang perlu kamu tahu.

1. Selalu bergerak

Tadi sudah sempat dikatakan kalau anak yang punya kecerdasan ini tidak bisa diam dan selalu gelisah mencari kesibukan buat melakukan segala gerakan apa pun. Kalau kamu punya adik atau anak, kamu bisa melihatnya dari sejak dini ciri ini. Kalau mereka aktif bergerak meski masih balita, berarti dia punya tipe kecerdasan ini.

Tentunya kamu harus membedakan ciri ini dengan anak yang hiperaktif ya.

2. Merasa gelisah kalau hanya duduk

Ciri lainnya yang bisa kamu lihat lagi dari anak yang punya kecerdasan kinestetik yaitu merasa selalu gelisah kalau hanya duduk-duduk saja. Mereka akan merasa sedih kalau mereka hanya dibiarkan duduk saja atau menunggu lama. Bahkan kalau pun mereka duduk saja, mereka pasti akan selalu mencari cara buat menggerakan anggota tubuhnya.

3. Gampang mengekspresikan diri

Karena kecerdasan ini punya keunikan tersendiri, kamu bisa langsung melihatnya dari bagaimana cara mengekspresikan dirinya. Salah satu cara yang bisa kamu lihat yaitu pengekspresikan diri anak yang punya kecerdasan ini adalah gampang mengeluarkan ekspresi dirinya melalui gerakan tubuh. Entah saat sedang marah, sedih, atau pun senang, mereka akan selalu mengeluarkannya dalam bentuk gerakan tubuh.

4. Keterampilan motoriknya lebih baik

Dari semua tipe kecerdasan, tipe ini yang paling baik dalam hal motoriknya. Mulai dari kelenturan, kecepatan sampai keseimbangan mereka bisa lakukan dengan gampang. Tidak heran karena mereka lebih pintar dalam hal motoriknya, kebanyakan anak yang punya kecerdasan kinestetik pasti akan lebih suka berolahraga.

Cara Mengembangkan Kecerdasan Kinestetik

Seperti yang tadi sudah sempat dibahas, anak yang memiliki kecerdasan kinestetik akan lebih cepat bosan kalau hanya dibiarkan menunggu atau duduk-duduk saja. Karena itu, kamu harus bisa memberikan metode belajar yang tepat agar mereka bisa mengembangkan kemampuan motoriknya.

1. Bermain peran

Salah satu buat mengembangkan kemampuan motoriknya yaitu mengajaknya bermain peran. Lakukan bersama dengan mereka dengan mengajaknya sebagai pembeli, dokter, pasien, atau sebagainya. Setelah melakukannya, kamu bisa meminta mereka buat menceritakan lagi bagaimana perasaannya dalam bermain peran itu.

2. Latih keseimbangan

Buat menjaga keseimbangan motoriknya, kamu harus mengajaknya buat melakukan kegiatan yang bisa melatih keseimbangannya. Ajak saja mereka menari, berlatih meniti balok kecil, dan sebagainya. Latihan itu tentunya akan membuat mereka belajar melenturkan otot, keselarasan gerakan, dan keseimbangan.

3. Bermain dengan alam

Selain 2 cara di atas, kamu bisa mengajaknya bermain di alam. Mereka yang lebih suka banyak bergerak, ajak saja ke kebun buat menanam tanaman, bermain lumpur, dan masih banyak lagi. Daripada kamu mengajaknya menggambar, tentunya akan bosan buat mereka.

Kalau kamu sudah tahu ciri-ciri anak yang punya kecerdasan kinestetik, pastikan kamu harus mengembangkannya dengan cara di atas. Dengan menggunakan metode yang tepat, saat dewasanya mereka akan lebih gampang mengekspresikannya dan punya keahlian dalam pekerjaan yang sesuai.

0 comments:

Posting Komentar