Simak Apa Saja Perkembangan Bayi 6 Bulan

Semakin lama, tentunya bayi akan menunjukkan berbagai perkembangannya yang akan sangat membuat orangtuanya berbahagia. Tentunya hal ini akan terasa sangat menakjubkan bukan? Anda dapat melihat berbagai perkembangan baru, dari si anak salah satunya adalah perkembangan bayi 6 bulan.

Namun dalam hal ini banyak yang belum mengetahui, kira-kira apa saja si perkembangan yang akan terjadi di saat si anak masuk ke dalam umur 6 bulan? Berikut ini adalah beberapa perkembangan umum, yang biasanya sudah atau akan terjadi pada anak yang memasuki usia 6 bulan.

Perkembangan Bayi 6 Bulan


1. Belajar merangkak

Untuk anak yang sudah memasuki usia 6 bulan, dalam hal ini mulaimampu untuk menahan berat tubuh yang dimilikinya. Bahkan saat bayi dibaringkan, si bayi akan mulai untuk belajar telungkup dan belajar untuk menggerakan tubuhnya dengan cara merangkak.

2. Belajar berguling

Bukan hanya merangkak saja, untuk perkembangan bayi 6 bulan sudah mulai untuk belajar dan mencoba untuk berguling. Hal ini memang dikarenakan otot yang dimiliki oleh leher dan juga tangan si bayi, akan semakin kuat setiap harinya dan akan membuat bayi mulai untuk menggulingkan tubuhnya.

Tentunya perkembangan ini merupakan sebuah kemajuan, yang akan membuat banyak orangtua bahagia dan mulai takjub. Bayi juga sudah mulai belajar untuk berguling-gulin, karena hal ini sudah mulai menjadi salah satu kegiatan yang disukai oleh si bayi. Namun memang di umur ini, anda sebagai orangtua harus semakin was-was dan menaruh perhatian lebih.

Bayi biasanya akan berguling secara bebas, dan mulai sulit untuk diatur. Awasi bayi anda, untuk mengurangi risiko untuk bayi yang terjatuh saat berguling.

3. Belajar duduk

Pada perkembangan bayi  bulan, nantinya bayi juga akan berada di masa dimana perkembangan yang dimilikinya akan benar-benar sangat baru. Bahkan otot tangan dan juga leher yang dimilikinya, akan semakin kuat setiap harinya. Hal ini memang akan terjadi di usia anak yang mulai memasuki 3 hingga 6 bulan.

Namun pada usia ini, ibu juga sudah mulai harus memperhatikan sang anak lebih banyak. Anak juga akan mulai untuk belajar untuk duduk. Dengan adanya hal ini, pastikan bahwa anda selalu menempatkan anak anda di tempat yang aman dan juga nyaman. Pastikan juga anda selalu memberikan topangan untuk kepala dan juga leher si bayi.

Untuk menjadikan sebuah topangan, anda bisa menggunakan bantal atau bahkan meletakannya di pangkuan. Memang untuk perkembangan bayi 6 bulan, si anak sudah mulai dapat menahan dengan baik dan juga membuat kepalanya tegak. Bahkan ada beberapa bayi yang sudah senang untuk mencoba mendorong kepalanya ke bagian depan, atau bahkan berusaha untuk duduk sendiri tanpa menginginkan bantuan.

Lalu Bagaimana ASI dan Makanan Tambahan Bayi Usia 6 Bulan?

Bukan hanya perkembangan fisik saja, namun untuk perkembangan bayi 6 bulan anda juga harus memperhatikan bagaiman ASI dan juga makanan tambahan yang dibutuhkannya. Pada usia 6 bulan, pastikan bahwa bayi anda sudah mulai untuk diberikan ASI yang sangat eksklusif.

Bahkan bukan hanya itu, dalam hal ini anda juga sudah dapat memberikan makanan tambahan yang dijadikan sebagai pendamping ASI. Hal ini akan semakin melengkapi kebutuhan nutrisi, yang memang dibutuhkannya.

Itulah beberapa perkembangan bayi 6 bulan yang terjadi secara umum. Anda dapat memperhatikan, bagaimana perkembangan yang dimiliki si anak. Bahkan dalam hal ini, anda juga dapat mulai untuk memberikan ASI eksklusif dan juga makanan tambahan yang memang dibutuhkan oleh si bayi.

0 comments:

Posting Komentar