Tips Praktis Beli Tiket KLIA Express dari Indonesia dan Keuntungannya

Apabila Anda berencana untuk traveling ke Malaysia, tepatnya Kuala Lumpur dengan cara backpacker. Tidak ada salahnya jika Anda beli tiket KLIA express. Ini adalah layanan kereta bandara yang akan menghubungkan bandara Internasional Kuala Lumpur dengan pusat kota, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Atau dengan kata lain, ini adalah layanan antar jemput bandara tercepat yang ada di Kuala Lumpur.

Untuk memperoleh tiket tersebut, kini Anda tidak perlu repot-repot menunggu sampai di Kuala Lumpur. Anda pun dapat memperolehnya secara online. Saat ini ada beberapa aplikasi travel online yang sudah bekerja sama dengan pihak KLIA Express bandara, untuk melakukan pemesanan secara online.

1. Masuk ke halaman travel online 
Pertama-tama, tentunya Anda harus masuk ke halaman utama dari travel online tersebut. Kali ini Anda dapat menggunakan aplikasi atau mengunjungi website resmi terkait. Setelah masuk, cari dan pilih layanan antar jemput bandara. 

2. Masukkan informasi lokasi antar jemput 
Masuk ke halaman berikutnya Anda akan menemukan beberapa kolom yang harus diisi. Mulai ”Dari” dan “Ke” lokasi tujuan. Mengingat saat ini Anda berada di Bandara Internasional Kuala Lumpur dan hendak ke pusat kota, maka pada kolom “Dari” Anda akan memasukkan informasi tentang nama bandara Internasional Kuala Lumpur. Sedangkan pada kolom “Ke” Anda akan memasukkan lokasi tujuan anda di Pusat kota.

Selain 2 kolom tersebut, ada juga kolom tanggal jemput, yang dapat diisi, sesuai dengan tanggal digunakannya tiket tersebut. Yang terakhir adalah kolom waktu, ini adalah jam kapan digunakannya tiket tersebut. Dalam hal ini Anda dapat memasukkan jam setelah tiba ke bandara Internasional Kuala Lumpur. 

3. Memilih jenis kereta yang akan digunakan
Pada halaman berikutnya berisi tentang pilihan jenis kereta KLIA yang dapat dipilih. Anda dapat memilih jenis kereta Express one way atau 1 kali jalan, dan juga KLIA express Round trip.

Dalam halaman ini juga Anda akan menemukan informasi detail tentang kereta, jarak ke lokasi tujuan dan lama ke lokasi tujuan, dan juga harga tiket yang harus dibayar per orangnya. Pilih salah satu yang dianggap tepat.

4. Masukkan informasi jumlah penumpang
Pada halaman berikutnya Anda akan memperoleh informasi tentang jenis kereta, jadwal dan lokasi stasiun yang akan dituju. Tidak hanya itu, Anda juga akan mengisi kolom jumlah penumpang yang akan ikut dalam kereta tersebut. Jika akan berangkat seorang diri, tentu tidak perlu mengubahnya. Namun jika Anda berangkat lebih dari 1 orang, maka isi sesuai dengan jumlah yang ada. Untuk anak yang usianya 6 tahun ke atas, harus membeli tiket.

Yang perlu diketahui disini adalah harga tiket dewasa dan anak-anak berbeda. Seseorang dapat dikategorikan orang dewasa, jika usianya diatas 16 tahun. Sedangkan yang berusia 6 hingga 15 tahun, akan masuk kategori anak-anak. Dengan perubahan jumlah penumpang tersebut, maka harga total biaya yang akan dibayar juga akan berubah.  Harga yang diberikan ini adalah harga final, artinya tidak ada biaya lain yang harus Anda bayar. 

5. Masukkan data kontak 
Pada halaman berikutnya, Anda akan memasukkan beberapa data kontak, yang nantinya akan dicantumkan pada etiket. Adapun informasi yang akan dimasukan disini adalah nama lengkap, no telpon yang masih aktif, dan juga alamat email.

6. Lakukan pembayaran 
Ini adalah terakhir yang akan Anda isi, dimana pada halaman ini Anda akan melakukan pembayaran. Dimana total harga yang harus dibayar, sudah diketahui pada halaman sebelumnya. Phak travel online seperti ini pastinya mempunyai beberapa pilihan sistem pembayaran yang dapat dilakukan, seperti membayar menggunakan kartu kredit, melakukan transfer antar bank, menggunakan kartu debit, menggunakan salah satu aplikasi pembayaran, membayar di salah satu minimarket atau sistem pembayaran lainnya.

Setelah seluruh proses selesai Anda lakukan, berikutnya Anda hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai dilakukan, yang umumnya hanya sekitar beberapa menit. Langkah berikutnya Anda akan mendapatkan informasi tentang E-tiket di email yang sebelumnya sudah dimasukkan. Artinya setelah mendapatkan e-tiket, Anda sudah dapat bepergian menggunakan KLIA tersebut.

0 comments:

Posting Komentar