Tips Ampuh Mencuci Baju Bayi yang Mudah dan Aman

Melakukan perawatan terhadap baju bayi ternyata tidak boleh sembarangan, hal ini harus diperhatikan karena kulit sang bayi berbeda dengan kulit orang dewasa. Kulit bayi lebih sensitif atau rentan terkena alergi. Banyak orang tua yang merasa kesulitan ketika harus mengurus baju bayi. Agar terhindar dari alergi, baju sang buah hati harus menggunakan deterjen khusus baju bayi.

Setelah menggunakan deterjen khusus, cara mencuci baju bayi pun tak boleh sembarangan. Terlebih banyak orang tua yang tidak tahu bagaimana cara mencuci baju bayi dengan benar dan aman. Perlakuan mencuci baju bayi dengan menggunakan mesin cuci atau mencuci secara manual pun harus diperhatikan. Untuk baju yang dipakai sehari-hari sebaiknya gunakan mesin cuci. Agar baju bayi lebih aman untuk digunakan, perhatikan beberapa tips mencuci baju bayi berikut ini.

1. Pisahkan antara popok dengan baju lain
Perawatan mencuci antara popok dengan baju lainnya ternyata berbeda, untuk itu pisahkan antara popok dengan baju bayi yang lainnya. Bilaslah popok kain sang bayi minimal dua kali. Hal ini dilakukan agar sisa deterjen benar-benar taka da yang tertinggal.

2. Cermati bahan baju
Bahan-bahan baju pada bayi beraneka ragam. Jangan samakan semua cara mencucinya. Terkadang ada bahan baju yang tidak disarankan untuk dicuci menggunakan mesin cuci. Untuk itu Anda haru bersabar mencucinya dengan cara manual. Ada baiknya sebelum membeli baju bayi Anda perhatikan tindakan perawatan yang harus diperlukan pada baju.

3. Pilih deterjen yang tepat
Deterjen khusus baju bayi rekomendasi orang tua sangat penting untuk Anda ketahui agar tidak salah memilih. Gunakanlah deterjen khusus baju bayi agar kulit bayi tidak sensitive. Biasanya deterjen khusus baju bayi ini berbentuk cair.

4. Rendam baju
Baju bayi sangat rentan untuk terkena noda. Maka dari itu cara yang paling efektif untuk menghilangkannya yaitu dengan segera mencucinya, akan tetapi jika noda sudah terlalu membandel maka Anda bisa merendamnya pada air dengan campuran deterjen khusus baju bayi.

5. Perhatikan suhu pada air
Baju bayi bisa dicuci dengan air hangat, hingga panas dengan suhu 30-40 derajat Celcius. Akan tetapi baju bayi juga bisa dicuci dengan air bersuhu normal.

0 comments:

Posting Komentar