Cara Tepat Mendukung Pertumbuhan dan Perkembangan Optimal Anak

Masa emas anak adalah masa yang harus dimanfaatkan oleh orang tua dengan sebaik-baiknya. Mengapa orang tua wajib memanfaatkan masa kecil anak-anak? Karena, pada masa kecil anak yang mampu memberikan hasil kecerdasan dan ketahanan tubuh anak di masa depan. Masa kecil anak-anak merupakan masa emas yang tepat untuk orang tua memberikan pembelajaran ataupun nutrisi yang tepat semua itu demi tumbuh kembang di masa depan anak.

Banyak hal yang harus diperhatikan oleh orang tua dalam permasalahan tumbuh kembang anak. Tentunya, sebagai orang tua Anda haruslah memberikan yang terbaik untuk tumbuh kembang anak secara optimal. Apakah Anda kebingungan untuk hal apa yang diberikan agar tumbuh kembang anak berjalan optimal? Maka dari itu, kali ini akan dijelaskan mengenai langkah tepat untuk membuat tumbuh kembang anak berjalan optimal dan diantaranya sebagai berikut:

1. Memberikan stimulasi yang menyesuaikan dengan usia anak 

Perlu untuk Anda ketahui, bahwa tumbuh kembang dari setiap anak akan berbeda-beda. Pertumbuhan dan perkembangan anak yang berbeda-beda dilihat juga dari afeksi yang diberikan orang tua. Apabila afeksi yang diberikan cukup untuk anak maka hubungan diantara keduanya akan baik-baik saja dan bisa memberikan efek tumbuh kembang anak secara optimal.

Masa emas anak yang paling cepat bertumbuh dan berkembang adalah umur 1-3 tahun. Pada masa itulah, kemampuan otak anak dapat dengan mudah merespon sekelilingnya. Pada saat usia itu, orang tua bisa memberikan stimulasi mengenai komunikasi, sosial, emosional, dan pemahaman pada saat usia dini. Tentunya hal ini akan berlanjut hingga berusia 5 tahun.

Tidak hanya pada usia 1-3 tahun saja, perkembangan fungsi otak anak akan terjadi pada usia 6-8 tahun. Maka dari itu, orang tua bisa memberikan stimulasi yang baik untuk perkembangan fungsi otak anak dengan melakukan permainan kecil dan ringan.

2. Memberikan nutrisi yang pas 

Ketika orang tua sudah sekiranya memberikan stimulasi setiap hari, jangan lupakan bahwa orang tua juga perlu memberikan nutrisi yang pas. Anak memerlukan nutrisi dan gizi yang pas untuk kesehatan tubuhnya saat ini dan digunakan juga sebegai perkembangan tubuh anak. Salah satu nutrisi yang penting untuk tubuh anak adalah probiotik. Maka dari itu, untuk memenuhi nutrisi tersebut Anda bisa membeli susu chil go.

Susu chil go untuk anak umur 1-12 tahun. Banyak sekali kandungan yang ada di dalam susu chil go dan tentunya bisa memenuhi kebutuhan nutrisi yang pas untuk anak. Selain itu, jangan lupakan lagi bahwa susu Morinaga chil go merupakan susu cair yang praktis untuk diberikan ke anak-anak. Sekaligus, susu cair chil go ini memiliki berbagai macam varian rasa baik dari melon, pisang, coklat, stroberi, dan vanila.

3. Mendukung kemampuan eksplorasi anak dengan mengatakan “iya boleh”

Salah satu langkah yang terakhir bisa dilakukan oleh orang tua adalah dengan mendukung segala bentuk eksplorasi sang anak. Ketika anak ingin bermain, orang tua harusnya bisa mengatakan “iya boleh” tetapi memberikan sedikit batasan agar tidak berbahaya untuk anak. Selain itu, orang tua juga perlu mengawasi kegiatan eksplorasi dari anak. Perlu untuk Anda ketahui, bahwa dengan memberikan sedikit kebebasan bereksplorasi maka akan mengembangkan kemampuan otak anak.

Jadi, ketiga langkah ini bisa diterapkan kepada anak agar bisa berkembang dan bertumbuh secara optimal.

0 comments:

Posting Komentar