PERFORMA KINERJA GENSET DALAM KEHIDUPAN

Genset merupakan generator listrik portabel yang dapat memberikan manfaat besar pada saat lampu padam di mana pun, serta genset juga dapat menimbulkan bahaya, jika digunakan tidak semestinya.

Genset terdiri dari mesin (engine) dan generator /alternator. Generator adalah sebuah kumparan yang terbuat dari tembaga yang terdiri atas strator (kumparan statis) dan rotor (kumparan berputar). Sedangkan alternator merupakan sebutan dari generator arus bolak-balik (AC).

Untuk memaksimalkan penggunaan genset agar tidak menimbulkan bahaya, sebelum menggunakan genset, harus mengetahui cara kerjanya, agar genset dapat bekerja secara efisien. Selain itu, cara kerja genset harus sesuai dengan tegangan listriknya.

Mesin dalam genset ini dapat mengubah tenaga mekanis menjadi tenaga listrik Dengan generator, tenaga mekanis tersebut diubah menjadi tenaga listrik melalui proses induksi elektromagnetik. Pada mesin genset, generator terpasang satu poros dengan motor diesel.

Genset juga digunakan sebagai mesin untuk menyimpan cadangan listrik atau off grid. Ketika listrik padam, mesin genset akan bekerja selama 10 detik, dan kemudian 10 detik berikutnya genset sudah bisa menghasilkan listrik untuk bisa menghidupkan lampu atau peralatan listrik yang lain.

Cara kerja mesin genset, mesin (engine) memutar rotor dalam sebuah generator, hal ini akan menimbulkan medan magnet pada kumparan generator. Setelah itu medan magnet ini akan membuat rotor berputar yang kemudian akan menghasilkan arus listrik.

Ketika listrik sudah hidup kembali, switch yang terdapat pada genset secara otomatis akan mengalihkan powersupply dari genset ke PLN dan akan mematikan genset dalam 5 detik. Switch yang secara otomatis bisa mengalihkan powersupply dari genset ke PLN itu adalah ATS (Automatic Transfer Switch). Itulah cara kerja mesin genset sehingga ketika terjadi pemadaman listrik, lampu akan tetap menyala tanpa harus khawatir mengganggu aktivitas.

Saat ini banyak sekali yang menyediakan genset berbagai spesifikasi tergantung dari kekuatannya, contohnya ada genset yang berkekuatan 5000 watt, genset 2000 watt, dan genset 1000 watt, serta masih banyak pilihan tegangan listrik yang lain, sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan. 

Itulah yang membuat genset sangat penting dalam keadaan tertentu, untuk mengetahui Rental genset murah silahkan hubungi Sewatama untuk informasi apapun.

0 comments:

Posting Komentar