Inilah Cara Mencuci Helm Sendiri yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Bagi Anda yang suka bepergian dengan menggunakan sepeda motor, helm adalah barang yang harus digunakan. Hanya saja apabila sering dipakai helm akan tampak kotor dan kurang nyaman dipakai. Oleh karena itu, salah satu hal yang perlu Anda ketahui adalah cara mencuci helm agar bisa Anda lakukan sendiri sewaktu-waktu di rumah.



Cara Mencuci Helm Sendiri di Rumah

Untuk mencuci helm di rumah, ada beberapa peralatan yang sebaiknya Anda persiapkan terlebih dahulu. Biasanya yang alat-alat yang dibutuhkan di antaranya adalah kanebo atau lap halus, sabun, dan beberapa peralatan lainnya.

1. Mempersiapkan Alat-Alat yang Dibutuhkan

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mencuci helm sendiri di rumah adalah mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan. Di antaranya, selain yang disebutkan di awal, adalah ember atau wadah, air hangat, dan sikat. 

2. Membuka Bagian-Bagian Helm

Langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah dengan membuka atau melepas bagian-bagian helm. Kita buka paddingnya kemudian bagian kaca atau visornya. Hal ini dilakukan agar bagian yang sulit dijangkau dapat dibersihkan. Pada bagian busa helm, biasanya terdapat tiga bagian yang dapat dilepas.

3. Mengisi Ember dengan Air Hangat

Setelah itu, kita isi ember dengan air hangat. Tujuannya untuk mencuci atau membersihkan bagian-bagian helm yang sudah kita lepas tadi. 

4. Mencuci dengan Sabun

Bagian-bagian padding helm yang kita lepas itu selanjutnya dicuci dengan sabun sampai benar-benar bersih dan wangi. Kita kucek dengan sabun secara lembut. Atau jika ingin menggunakan sikat, gunakanlah yang memiliki bulu halus.

5. Membilas Padding Helm Sampai Bersih

Setelah bagian-bagian padding helm tersebut kita rasa sudah bersih, selanjutnya kita bilas semuanya dengan air sampai bersih. Kita perlu melakukan beberapa kali bilasan hingga tidak ada busa yang tersisa pada padding helm.

6. Mengeringkan Padding Helm

Selanjutnya kita perlu mengeringkan bagian-bagian padding tersebut dengan cara dijemur. Ketika menjemurnya, kita perlu menunggu sampai padding benar-benar terasa kering. Hal ini agar tidak menyisakan bau apek karena penjemuran yang dilakukan kurang lama.

7. Membersihkan Batok Helm

Sambil mengeringkan padding helm, kita bisa membersihkan batok helmnya dengan menggunakan lap pembersih atau alat-alat lainnya. Tujuannya tentu agar batok helm ini menjadi bersih dan terlihat mengkilap.

8. Membersihkan Kaca atau Visor

Selanjutnya kita bisa membersihkan kaca atau visornya sampai benar-benar bersih dan kinclong. Tujuannya agar tidak ada debu atau kotoran yang dapat mengganggu pandangan kita saat helm tersebut kita gunakan.

9. Memasang Visor Kembali

Setelah visornya selesai dibersihkan, kita pasang kembali pada helm. Dalam hal ini, kita perlu berhati-hati dalam melakukan pemasangan. Pasalnya bagi yang belum pernah melepas visor sebelumnya, pemasangan ini bisa terasa cukup sulit.

10. Memasang Padding Helm Apabila Sudah Kering

Langkah terakhir dalam pembersihan helm adalah dengan memasang padding yang kita lepas dan kita cuci tadi. Namun sekali lagi, pastikan padding helm benar-benar kering ya supaya tidak menimbulkan bau apek pada saat digunakan. 

Pemasangan padding helm ini memang cukup mudah dilakukan. Namun, kita harus tetap memastikan bagian sebelah kanan dan sebelah kirinya supaya dalam pemasangannya tidak tertukar.

Demikianlah beberapa langkah yang bisa kita lakukan untuk membersihkan helm kesayangan kita. Cara mencuci helm ini dapat dilakukan dengan mudah di rumah sehingga kita dapat melakukannya kapan saja.

0 comments:

Posting Komentar