Tips Memberikan Donasi yang Baik Agar Hasilnya Lebih Bermanfaat

Berbuat baik ke sesama manusia bisa dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah melalui donasi. Namun, meskipun kegiatan ini memiliki tujuan yang baik tapi sebaiknya Anda melakukannya dengan cara yang tepat agar sumbangan Anda bisa digunakan secara efektif dan tepat sasaran.


Bagaimana cara berdonasi yang efektif?

Berdonasi bisa dilakukan dengan banyak cara. Tidak semuanya harus berupa uang. Ada juga yang memberikan sumbangan berupa barang-barang dan tenaga. Namun, jika ingin sumbangan Anda lebih bermanfaat maka sebaiknya perhatikan beberapa tips berdonasi di bawah ini.



1. Perhatikan tujuan donasi

Tujuan penggalangan donasi bisa bermacam-macam. Ada yang ditujukan untuk membantu korban bencana alam, dana pendidikan, kesehatan dan sebagainya. Dengan mengetahui tujuan penggalangan donasi maka Anda bisa memprediksi bentuk donasi apa yang paling sesuai. Sebab, kebutuhan manusia di setiap situasi berbeda-beda.


Sebagai contoh, untuk korban bencana alam maka bentuk sumbangan yang paling sesuai adalah makanan siap santap, pakaian dan juga obat-obatan. Sementara itu, donasi untuk tujuan pendidikan bisa biasanya berupa uang atau sumbangan buku. Jangan sampai karena ketidaktahuan, Anda justru salah memberikan sumbangan barang-barang yang kurang dibutuhkan masyarakat.


2. Lakukan secara rutin

Dibandingkan memberikan sumbangan dalam jumlah besar satu kali, Anda bisa memberikan sumbangan tersebut secara bertahap. Hal ini bertujuan agar cadangan uang atau barang yang dimiliki pihak penyelenggara donasi bisa bertahan lebih lama dan bisa digunakan dengan lebih efektif.


Banyak kasus dimana pada awal bencana sumbangan terus mengalir dengan jumlah yang besar. Namun, setelah beberapa lama jumlahnya semakin menurun hingga akhirnya tidak ada yang memberikan sumbangan lagi. Hal ini tentu tidak baik sebab donasi biasanya dipergunakan untuk jangka waktu yang cukup lama. Jadi sebaiknya Anda menyumbang secukupnya namun rutin.  


3. Hindari berdonasi secara langsung

Masyarakat Indonesia punya kebiasaan untuk memberikan donasi secara langsung karena dianggap lebih baik. Namun, cara ini tentu kurang efektif. Penerima donasi tidak terdata dengan baik sehingga kemungkinan ada yang terlewatkan atau bahkan menerima donasi ganda. Hal ini tentu kurang tepat karena merugikan masyarakat.


Oleh sebab itu, Anda sebaiknya mengirim donasi melalui lembaga baik yang dikelola oleh pemerintah maupun swasta. Selain lebih efektif, Anda juga tidak perlu ribet mengurusnya. Saat ini bahkan Anda bisa berdonasi melalui aplikasi atau layanan perbankan di smartphone tanpa perlu keluar rumah.


4. Pilih lembaga yang terpercaya

Anda sebaiknya hindari berdonasi ke lembaga-lembaga yang tidak jelas atau kurang terpercaya. Biasanya, lembaga semacam ini didirikan untuk menipu pemberi donasi. Uang yang dikumpulkan tidak akan disalurkan kepada yang berhak namun justru digunakan untuk kepentingan pribadi.


Sayangnya, saat ini marak sekali kasus seperti ini. Umumnya mereka menyebarkan informasi melalui media sosial dan mengadakan penggalangan dana sendiri. Hal ini tentu sangat rawan. Oleh sebab itu, sebelum mengirimkan sumbangan sebaiknya cek dulu identitas organisasi atau orang yang memimpinnya.


Pastikan identitas organisasi dan pengurusnya jelas, tujuan penggalangan dana jelas serta memiliki ,alamat dan kontak yang bisa dihubungi. Jika semuanya lengkap maka Anda bisa mulai mengirim sumbangan. Namun, sebaiknya selain memberi Anda juga harus mengawasi pelaksanaan program-program yang dijanjikan.


Organisasi yang menggalang donasi bentuknya bermacam-macam. Ada yang bernaung di bawah lembaga keagamaan, pemerintahan hingga lembaga internasional. Salah satu contohnya adalah Wahana Visi Indonesia. Menurut situs resminya, organisasi kemanusiaan Kristen ini sudah lebih dari 20 tahun membantu memberdayakan masyarakat khususnya pendidikan anak-anak di seluruh Indonesia tanpa memandang status.


Tidak hanya didukung pengurus yang terpercaya, organisasi ini juga menjalin mitra dengan berbagai lembaga. Oleh sebab itu, jika ingin donasi digunakan sebagaimana mestinya maka jangan ragu untuk berdonasi di lembaga terpercaya seperti Wahana Visi Indonesia ini. Jika tertarik, Anda bisa mengunjungi situs resminya di wahanavisi.org untuk mulai berdonasi.

0 comments:

Posting Komentar