AC Kamu Tak Lagi Dingin? Ini 4 Hal yang Harus Dilakukan

AC atau air conditioner menjadi salah satu teknologi yang dibutuhkan oleh orang-orang saat memasuki musim kemarau. Bagaimana tidak, saat musim kemarau udara panas langsung menyelimuti ruangan sehingga membuat kita seringkali merasa keringat. Dengan adanya AC, udara panas tersebut dapat ditutupi dengan baik dengan udara sejuk yang keluar dari AC.


Beberapa dari kamu mungkin sudah memasang AC di rumah masing-masing. Bagi yang belum pasang AC dan berniat untuk memasangnya dalam waktu dekat ini, kamu bisa langsung menuju ke toko AC Daikin terdekat. Saat ini, distributor Daikin telah tersebar di kota-kota besar Indonesia, seperti Jakarta, Semarang, Bandung, hingga Denpasar. Di sana, kamu bisa mendapatkan beragam jenis AC dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi.



Nah, jika saat ini kamu sudah punya AC dan terkadang merasa kalau AC-nya tidak lagi dingin, berikut ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:


1. Tutup ventilasi dengan rapat

Jangan sampai ada satu ventilasi yang terbuka lebar saat kamu menyalakan AC. Selain udara yang dikeluarkan tidak optimal, hal tersebut akan membuat AC akan bekerja lebih keras sehingga mengakibatkan pemborosan terhadap energi listrik. 


Jika ingin performa AC-mu dingin, pastikan semua ventilasi tertutup dengan rapi. Jangan lupa untuk menutup pintu rapat-rapat saat kamu keluar-masuk ruangan.


2. Ganti filter

Pastikan perhatikan komponen AC dengan sangat teliti, termasuk filter. Sebab, filter jadi salah satu hal yang harus mendapatkan perawatan rutin untuk menjaga performa AC. Setidaknya, kamu harus mengganti filter selama dua kali dalam setahun. Tujuannya adalah untuk memperpanjang usia AC serta meringankan kinerja mesin.


3. Cek evaporator

Selain cek filter, kamu juga harus mengecek komponen AC yang bernama evaporator. Mungkin, AC menyala, tetapi ruangan tidak kunjung mendingin. Hal tersebut disebabkan kumparan evaporator yang membeku. Untuk mengecek evaporator membeku atau tidak, kamu bisa meletakkan tangan di sisi unit dekat tempat filter. Apabila terasa dingin, bisa jadi evaporatornya membeku.


Jika demikian, jangan paksa AC untuk menyala sebab dapat merusak kompresor. Otomatis, kamu harus melakukan perbaikan dan memakan biaya yang mahal. 


4. Servis AC

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah service AC rumah. Kamu bisa mengunjungi dealer resmi Daikin terdekat untuk diservis secara baik. Daikin selalu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada pelanggan dan berusaha untuk mengembalikan performa AC dengan sempurna.

0 comments:

Posting Komentar