Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Manfaat Water Treatment Bagi Industri

Banyak perusahaan water treatment Indonesia yang menyediakan pelayanan purifikasi air yang kotor atau air limbah. Seperti yang kita ketahui bersama air merupakan salah satu kebutuhan utama di banyak sekali bidang, tidak terkecuali dalam bidang industri. Maka dari itu proses purifikasi air membutuhkan pengolahan khusus terutama dalam dunia industri.

Karena seperti yang kita ketahui bersama pabrik industri sering mengeluarkan limbah yang berbahaya yang dapat mencemari lingkungan terutama air. Maka dari itu pihak industri harus ikut serta dalam menjaga lingkungan sekitar terlebih lingkungan tersebut dekat dengan pemukiman warga. Untuk meningkatkan kesadaran orang-orang yang berkecimpung di dunia industri berikut 5 manfaat pengelolaan air yang perlu kamu ketahui.



1. Menyediakan Bahan Baku Air

Air menjadi bahan baku utama pada beberapa industri minuman seperti soft drink. Industri tersebut membutuhkan bahan baku air dalam jumlah yang cukup banyak. Air yang digunakan untuk bahan baku mereka biasanya didapatkan dari tanah pada kedalaman 80-100 M. Namun untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan dan kebutuhan warga sekitar mereka tidak bisa terus menerus mengambil air dari tanah tersebut. Oleh sebab itu menggunakan treatment water bisa menjadi salah satu solusi yang cukup efektif untuk masalah tersebut. Air yang digunakan memang harus berkualitas baik karena air tersebut akan dikonsumsi oleh tubuh. Maka dari itu perusahaan pengelolaan air harus menjaga kualitas air tersebut.


2. Air Dalam Mesin Boiler

Mesin boiler merupakan sebuah ketel uap atau bejana tertutup yang berisi air untuk dipanaskan. Sedangkan energi panas yang dihasilkan dari air tersebut bisa digunakan untuk berbagai macam hal dalam dunia industri. Seperti untuk turbin uap, pemanas ruangan dan lain sebagainya. Sedangkan air yang di pakai di dalam mesin boiler bukan air sembarangan karena apabila air tersebut tidak bagus atau raw water maka akan memiliki dampak negatif yang cukup besar. Apabila air yang digunakan adalah raw water maka tinggi kemungkinan akan terjadi korosif dalam mesin boiler yang dapat merugikan pihak perusahaan.


3. Digunakan Sebagai Media Pendingin

Dalam dunia industri mereka menggunakan mesin dalam jumlah besar dan jangka waktu yang lama seperti pada pabrik pengolahan. Untuk penggunaan jangka waktu tertentu mesin akan panas yang apabila dibiarkan rawan akan terjadi overheat. Maka dari itu dibutuhkan sebuah alat pendingin dalam ukuran yang sangat besar atau chiller. Salah satu bahan baku Chiller adalah air yang akan diproses menjadi minuman. Sedangkan cara kerja chiller atau yang biasa disebut sebagai cooling tower ini adalah, air yang memiliki suhu tinggi akan masuk pada chiller, yang kemudian dialiri udara kering. Yang mana Output dari proses tersebut adalah air yang keluar dalam kondisi dingin. 


Pada dunia industri kerusakan dapat menjadi pengeluaran yang cukup besar karena biaya pemeliharaan mesin industri juga mahal. Maka dari itu kamu harus menjaga mesin industri agar selalu terawat. Kamu juga bisa mencari tahu cara pemasangan kabel tray agar kabel yang ada di sebuah pabrik tidak korslet.

Posting Komentar untuk "3 Manfaat Water Treatment Bagi Industri"