Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Murah Meriah, Inilah Deretan Makanan Untuk Menurunkan Gula Darah

Penyakit akibat gula darah seperti diabetes merupakan salah satu masalah yang banyak dihadapi masyarakat modern baik tua maupun muda. Hal ini membuat banyak orang mencari makanan untuk menurunkan gula darah. Sebab, hal ini dianggap bisa menyehatkan tubuh.

Meski demikian sayangnya belum banyak orang tahu makanan apa saja yang bisa digunakan untuk menurunkan kadar gula darah. Bahkan, tidak jarang banyak orang tertipu informasi palsu atau hoaks. Lalu, sebenarnya bagaimana makanan seperti apa yang bisa menurunkan gula darah?



Rekomendasi makanan penurun kadar gula darah

Bila Anda ingin menurunkan gula darah maka sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dengan Indeks Glikemik (IG) rendah. Hindari makanan berkalori tinggi serta makanan manis. Jika ingin tahu contoh makanan penurun gula darah berikut adalah rekomendasinya.

1. Jagung

Perlu diketahui jika 100 g jagung memiliki nilai IG sebesar 46 dan beban glikemiknya sebesar 14. Jauh lebih rendah dari nasi. Semakin rendah nilai IG maka makanan tersebut akan semakin baik untuk menurunkan kadar gula darah tubuh.

2. Ubi jalar

Selain dikenal mengenyangkan ternyata nilai IG ubi jalar termasuk rendah. Sehingga bisa mengendalikan kadar gula darah tubuh. Makanan ini juga disarankan untuk penderita diabetes karena nilai IG milikinya hanya 44. Jauh lebih rendah dari kentang.

Selain nilai IG rendah, makanan ini juga memiliki kandungan vitamin A, C serat Kalium sehingga selain cocok untuk penderita diabet juga sangat cocok bagi Anda yang ingin diet secara sehat.

3. Sayuran hijau

Perlu diketahui jika ada sayuran dengan IG rendah namun ada pula sayuran dengan IG tinggi. Salah satu contohnya adalah sayuran hijau. Sayuran seperti ini diketahui memiliki zeaxanthin dan antioksidan lutein yang melimpah.

Selain bagus bagi penderita diabetes, sayuran berdaun hijau juga akan membantu menjaga mata dari kerusakan akibat degenerasi makula serta katarak. Salah satu efek paling sering muncul pada penderita diabetes. Sehingga penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi sekitar 250 sayuran hijau setiap hari.

4. Kacang-kacangan

Cemilan satu ini diklaim sangat bagus untuk menurunkan kadar gula darah. Oleh sebab itu, banyak penderita diabetes yang mengkonsumsinya. Selain kaya akan serat serta protein, makanan ini juga memiliki IG rendah karena mengandung karbohidrat kompleks yang lama dicerna. 

Oleh sebab itu, kacang tidak akan membuat gula darah naik secara signifikan. Tidak hanya itu, kacang juga kaya akan magnesium yang menjaga kadar gula darah tetap stabil. Jika ingin mengkonsumsi kacang maka disarankan untuk memilih kacang almond, kenari dan kacang tanah.

Sayangnya, kacang memiliki kalori cukup tinggi sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi banyak-banyak. Ada baiknya membatasi konsumsi kacang-kacangan terutama jika Anda termasuk dalam kategori obesitas.

5. Ikan

Ikan dikenal sebagai makan sangat berkhasiat bagi penderita diabetes. Terlebih jika memilih ikan mengandung banyak lemak sehat. Ikan jenis ini dinilai sangat bagus untuk diet  sehingga bisa membantu mengendalikan gula darah.

Meski baik namun tidak semua ikan bagus untuk penderita diabetes. Pilih ikan seperti salmon, Trout, tuna, kembung dan ikan sebelah bila ingin mengendalikan kadar gula darah Anda.

Tidak hanya itu, perhatikan juga proses pengolahannya. Ikan lebih baik diolah dengan cara dipanggang, dipepes atau dijadikan sup karena lebih sehat. Menggoreng ikan sangat tidak disarankan untuk penderita diabetes atau Anda yang ingin menurunkan gula darah.

Berikut merupakan sedikit contoh makanan untuk menurunkan gula darah. Sebagai tambahan, Anda bisa mengonsumsi susu Anlene untuk membantu menurunkan kadar gula darah di tubuh. Rasanya yang enak dijamin tidak akan membuat Anda kecewa.

Posting Komentar untuk "Murah Meriah, Inilah Deretan Makanan Untuk Menurunkan Gula Darah"