Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Kelebihan Sekolah Internasional Dibandingkan Sekolah Biasa

Berbagai  kelebihan sekolah internasional mungkin tidak Anda temukan di sekolah biasa. Karena itulah para orang tua lebih memilih memasukkan anaknya ke sekolah tersebut. Dari tahun ke tahun, minat pendaftar di berbagai sekolah bertaraf internasional seperti international high school Jakarta pun tetap tergolong tinggi.



Kelebihan Utama Sekolah Internasional 

Apa saja kelebihan sekolah internasional yang membuat para orang tua memilih sekolah ini daripada sekolah biasa? Mari simak ulasannya berikut ini! 

1. Kurikulum Internasional

Kurikulum akan menentukan bagaimana perkembangan akademis seorang anak di sekolah. Pada kurikulum sekolah internasional, tidak ada penjurusan IPA dan IPS seperti sekolah umumnya. Namun, lulusan kurikulum internasional diterima dan diakui di seluruh lembaga dunia. 

Kurikulum di sekolah internasional biasanya lebih mementingkan proses belajar anak dalam menyerap materi. Anak akan diarahkan lebih kreatif dengan cara yang menyenangkan. Penilaian pun dilakukan tidak hanya seputar angka atau ranking, melainkan juga berdasarkan portofolio 

2. Lingkungan Multikultural

Mayoritas murid di sekolah internasional berasal dari berbagai macam negara atau latar belakang yang tidak terbiasa menggunakan bahasa Indonesia. Hal ini membuat lingkungan sekolah internasional menjadi multikultural. 

Sehingga, anak lebih mudah untuk berinteraksi dengan banyak orang yang berbeda-beda dan membuka kesempatan untuk mempelajari dan mengenal budaya lain. Dengan begitu, tingkat toleransi dan kemampuan anak untuk beradaptasi di lingkungan baru juga lebih tinggi. 

3. Kesempatan Berkembang Lebih Luas

Dinamika persaingan dunia kerja cukup pesat. Sayangnya, tidak selalu kemampuan seseorang sesuai dengan kebutuhan industri. Salah satu kelebihan dari siswa lulusan sekolah internasional, yakni lebih siap untuk berkompetisi dengan lulusan lain termasuk dari berbagai negara.

Sebab, kurikulum yang digunakan diakui oleh semua lembaga di dunia dan kurikulumnya pun disesuaikan dengan perkembangan dunia kerja. 

4. Keberagaman Jenis Ekstrakurikuler

Sekolah internasional tidak hanya tentang program akademi yang menarik, tetapi juga menawarkan berbagai macam kegiatan ekstrakurikuler yang meliputi pelajaran bahasa asing, olahraga, kegiatan seni, dan lain-lain. 

Banyaknya pilihan kegiatan ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan minat, membentuk rasa ingin tahu tentang dunia, dan mengajarkan bagaimana cara memperoleh keterampilan dan mencapai tujuan. 

Sehingga siswa sekolah internasional tidak hanya memiliki pengetahuan umum dan profesional, tetapi juga mampu berkembang secara sosial dan emosional.

5. Fasilitas Mumpuni

Sekolah internasional mempunyai fasilitas untuk menunjang kebutuhan para murid. Dengan begitu anak bisa belajar dan mengeksplorasi hal yang dia sukai lebih maksimal sesuai minat masing-masing. Tentu saja hal tersebut akan berdampak baik pada perkembangan akademik anak dan masa depannya. 

Tertarik untuk Menyekolahkan Anak di Sekolah Internasional? 

Mendaftarkan anak ke sekolah internasional bisa menjadi pilihan yang baik untuk perkembangan anak Anda. Karena terdapat berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh sekolah internasional yang tidak akan Anda temukan di sekolah nasional. 

Tidak hanya kualitas pendidikan, sekolah internasional juga mampu memfasilitasi anak untuk mengembangkan kemampuan bersosialisasi. Sehingga anak tumbuh menjadi pribadi yang siap berkompetisi dengan soft skill dan hard skill yang mumpuni.

Posting Komentar untuk "5 Kelebihan Sekolah Internasional Dibandingkan Sekolah Biasa"