Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Macam-Macam Asuransi Kesehatan

Desember 2019, Badan Pusat Statistik telah melakukan rilis profil statistik kesehatan dari survey 2017-2019 dengan hasil berbagai keluhan kesehatan seperti stunting dan perilaku merokok masih tinggi di Indonesia. Hal ini membutuhkan keberadaan asuransi online dalam upaya penurunan keluhan. 

Asuransi kesehatan adalah jaminan yang diberikan kepada klien dalam penanggungan biaya terkait pelayanan medis seperti biaya rawat inap, melahirkan, operasi bedah, dan lain sebagainya.



7 Macam Asuransi Kesehatan

Dengan adanya asuransi, Anda bisa mendapatkan kemudahan akses perawatan. Selain itu, keuangan Anda juga akan lebih stabil dengan pengeluaran yang lebih ringan saat diperlukan pengobatan. Berikut macam-macam asuransi kesehatan yang bisa Anda pilih:

1. Asuransi Rawat Inap

Asuransi rawat inap adalah jaminan penanggungan biaya perawatan rawat inap di rumah sakit. Biaya selama klien menginap di rumah sakit, termasuk ketika diharuskan operasi bedah, akan ditanggung asuransi.

2. Asuransi Rawat Jalan

Asuransi ini berlaku untuk klien yang melakukan rawat jalan atas keluhan kesehatan yang dialami. Biaya yang ditanggung seperti cek lab dan diagnosis medis. Jenis asuransi ini sebaiknya diprioritaskan, karena beberapa penyakit mungkin membutuhkan rawat jalan dan bukan rawat inap. 

3. Asuransi Personal

Asuransi personal diperuntukkan untuk jaminan kesehatan secara perorangan. Yang artinya, asuransi tersebut hanya bisa digunakan untuk satu orang yang namanya terdaftar dan tidak bisa digunakan orang lain.

4. Asuransi Kelompok

Jika Anda sudah berkeluarga, untuk lebih memudahkan Anda dalam mengatur kestabilan tabungan kesehatan, Anda bisa menggunakan asuransi kelompok.

Hal yang sama juga berlaku untuk suatu perusahaan yang menerapkan asuransi kelompok. Maka seluruh anggota keluarga atau perusahaan akan mendapat jaminan yang sama sesuai jenis asuransi yang dimiliki. 

5. Asuransi Swasta

Asuransi swasta dikelola secara swasta atau suatu perusahaan yang berdiri sendiri. Premi yang dibayarkan juga bervariasi dengan berbagai penawaran pelayanan kesehatan. Polis yang ditanggung asuransi swasta juga sangat bervariasi dengan pelayanan yang terbaik. 

6. Asuransi Unit Link

Asuransi ini memungkinkan klien untuk mendapatkan jaminan kesehatan sekaligus bisa melakukan investasi. Polis yang disediakan juga bermacam-macam dengan premi yang berbeda.

7. Asuransi Reimbursement 

Jika Anda memilih macam reimbursement, Anda harus bersiap untuk tabungan perawatan karena asuransi ini menggunakan klaim biaya di akhir masa tagihan. Jadi Anda harus membayarkan biaya lebih dulu yang selanjutnya diajukan ke asuransi untuk penggantian biaya.

Jenis asuransi kesehatan mana yang akan Anda pilih? Untuk membantu Anda dalam memilih asuransi yang tepat, Anda juga bisa berkonsultasi dengan konsultan asuransi yang saat ini juga sudah tersedia secara offline ataupun online. 

Posting Komentar untuk "Mengenal Macam-Macam Asuransi Kesehatan"