Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ketahui Hal Ini Sebelum Memberikan Susu Pertumbuhan Pada Anak

Formula biasanya diberikan kepada si kecil setelah lulus ASI. Karena di masa tersebut masih sangat rentan, maka anak perlu mendapatkan susu pertumbuhan terbaik agar asupan gizi hariannya dapat terpenuhi. Namun, banyaknya produk serupa di pasaran terkadang membuat ibu menjadi bingung. Bahkan, beberapa malah salah pilih sehingga tidak maksimal dalam tumbuh kembang anak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pada kali ini akan dibahas beberapa hal yang perlu diketahui oleh orang tua dalam memilih susu secara tepat. Jangan sampai hanya karena kekurangan pengetahuan bisa berakibat buruk pada si kecil seperti pertumbuhan terhambat, imunitas menurun, serta masalah-masalah lainnya. Agar lebih jelas, silakan simak pembahasan berikut ini hingga selesai.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Memberikan Susu Pertumbuhan



1. Harus mengandung asam lemak esensial

Hal pertama yang wajib diketahui adalah setiap formula harus memiliki kandungan asam lemak esensial. Beberapa contoh di antaranya adalah FOS (frukto-oligosakarida) serta GOS (galakto-oligosakarida). Kedua zat tersebut memang cukup penting bagi kesehatan saluran pencernaan. Jadi, ketika memilih, silakan cek pada kemasan apakah memiliki kandungan tersebut atau tidak. Jika tidak, maka sebaiknya cari produk lain sebelum terlambat.

Terkait dengan zat tersebut, beberapa penelitian pernah dilakukan, salah satunya disampaikan oleh seorang konsultan kesehatan pencernaan anak, dr. Badriul Hegar SpA(K). Beliau menerangkan bahsa hingga 40% jaringan saluran pencernaan merupakan jaringan limfoid, yakni memiliki peranan penting dalam sistem imunitas. Selain FOS GOS, formula juga harus mengandung omega 3 serta omega 6.

2. Harus memenuhi kebutuhan gizi harian

Bisa dibilang di usia dini merupakan masa emas sehingga asupan gizi benar-benar harus diperhatikan. Hal ini akan berpengaruh terhadap banyak hal seperti kekebalan tubuh, kecerdasan, dan sebagainya. Oleh karena itu, pastikan formula harus bisa mencukupi seluruh kebutuhan gizi harian si kecil. Salah satu produk yang cukup direkomendasikan adalah PrediaSure.

PrediaSure memiliki kandungan gizi sangat lengkap seperti omega 3, omega 6, kalsium, 8 mineral, dan 12 vitamin. Cukup berikan dua kali sehari pada anak, yakni pagi hari serta malam hari. Menurut beberapa pengalaman, 10 dari 10 sampel sepakat bahwa produk ini sangat tepat guna memenuhi asupan gizi anak mereka. 

3. Memiliki banyak kandungan protein

Sudah tidak terbantahkan lagi bahwa zat satu ini memegang peranan sangat penting dalam kesehatan tubuh. Protein biasanya bisa didapatkan melalui telur, ikan, sayur, dan sebagainya. Namun, apabila usia masih cukup dini, mungkin sistem pencernaan si kecil masih belum bisa mencerna secara maksimal. Oleh karena itu, lebih baik berikan asupan protein melalui formula. 

Lalu, berapa kebutuhan protein pada anak? Untuk detailnya, silakan lihat daftar di bawah ini.

• Usia 0 hingga 6 bulan membutuhkan 9 gram

• Usia 7 hingga 11 bulan membutuhkan 15 gram

• Usia 1 hingga 3 tahun membutuhkan 20 gram

• Usia 4 hingga 6 tahun membutuhkan 25 gram

• Usia 7 hingga 9 tahun membutuhkan 40 gram

4. Mengandung zat besi

Terakhir, pastikan formula juga mengandung zat besi. Setidaknya usia 6 hingga 12 bulan butuh sekitar 11 mili gram zat besi setiap hari. Kekurangan zat ini dapat mengakibatkan anemia serta terhambatnya kecerdasan otak. Oleh karena itu, perhatikan secara teliti akan hal tersebut.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memilih susu pertumbuhan. Dari poin-poin di atas, PrediaSure sebenarnya telah memenuhi semuanya. Jadi, apabila Anda masih bingung menemukan produk tepat, PrediaSure bisa menjadi jawabannya.

Posting Komentar untuk "Ketahui Hal Ini Sebelum Memberikan Susu Pertumbuhan Pada Anak"