5 Cara Memilih Sekolah Dasar yang Terbaik untuk Anak

Terkadang orang tua kebingungan dalam memilih sekolah untuk anak. Apakah akan dimasukkan ke sekolah dasar nasional ataukah lebih baik ke International Primary School? Ada cara memilih sekolah dasar agar Anda dapat dengan mudah merencanakan sekolah mana yang terbaik untuk anak Anda.Simak ulasannya di sini!



Cara Memilih Sekolah Dasar yang Berkualitas

Berikut ini adalah 5 hal yang harus diperhatikan dalam memilihkan sekolah dasar untuk Anak Anda:

1. Mengunjungi Sekolah

Mengunjungi sekolah adalah cara memilih sekolah dasar yang harus Anda lakukan. Amati ruang kelas, kemudian temuilah guru dan staf sekolah untuk bertanya lebih jauh perihal sekolah tersebut. Selain itu, Anda juga dapat bertanya dengan orang tua murid lain untuk mendapatkan gambaran mengenai sekolah yang mereka pilih.

2. Ketahui Perbedaan Sekolah Nasional dan Internasional

Sebelum menentukan sekolah dasar untuk anak, Anda harus tahu perbedaan sekolah internasional dan sekolah nasional. Keduanya memiliki kurikulum yang berbeda.

Perbedaan yang cukup kentara terlihat pada bahasa pengantar. Berbeda dengan sekolah nasional yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar. Sekolah internasional biasanya menggunakan bahasa Inggris.

3. Lingkungan Sekolah

Cara memilih sekolah dasar selanjutnya adalah dengan memperhatikan lingkungan sekolahnya. Yakinkan lingkungan sekolah yang Anda pilih bagus, nyaman, dan aman. Kualitas lingkungan sekolah akan berdampak pada anak-anak saat di luar jam sekolah nanti.

4. Fasilitas Sekolah

Fasilitas sekolah tentu dapat mendukung siswa dalam mengembangkan potensi yang mereka miliki. Anda harus mencocokan minat dan bakat anak dengan fasilitas sekolah supaya anak dapat mengasah kemampuannya. 

Misalnya, anak Anda senang memainkan alat musik, tentu perlu ruang kesenian ataupun ekstrakurikuler yang dapat menunjang kesenangan mereka.

Fasilitas sekolah yang dapat Anda perhitungkan meliputi, ruang kelas, sarana olahraga (lapangan olahraga), kantin, tempat ibadah, perpustakaan, dan ruang kesenian. Pastikan juga fasilitas yang tersedia di sekolah berfungsi dengan baik.

5. Program Belajar

Cara memilih sekolah dasar selanjutnya, yakni mempertimbangkan program belajar untuk anak Anda. Pembelajaran yang bagus dapat  menjadikan anak lebih percaya diri, dan aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan.

Perhatikan bagaimana lingkungan belajarnya, seperti bagaimana cara guru mengajar. Perhatikan juga murid-muridnya apakah cenderung kooperatif dalam kelompok atau justru individual.

Anak akan nyaman belajar di sekolah jika pembelajaran berjalan dengan seru dan asyik. Jika nyaman, anak cenderung akan lebih mudah menyerap semua pelajaran yang diberikan oleh guru-gurunya.

Yuk, Langsung Terapkan Cara Memilih Sekolah Dasar di Atas!

Menentukan sekolah dasar adalah hal yang penting agar anak dapat bermain sekaligus belajar dengan nyaman di umurnya yang masih kecil. Oleh karena itu, 5 cara memilih sekolah dasar di atas dapat menjadi acuan Anda dalam mempertimbangkan sekolah yang cocok untuk anak.

5 Cara Memilih Sekolah Dasar yang Terbaik untuk Anak 5 Cara Memilih Sekolah Dasar yang Terbaik untuk Anak Reviewed by Febriyan Cahya Yudha on 5/03/2022 06:43:00 AM Rating: 5

Tidak ada komentar