Macam-Macam Memory Card, Perbedaan antara SD Card, Mini SD, dan Micro SD

Ketika membeli smartphone, kita sering membeli pula kartu memori (memory card) untuk penyimpanan eksternal. Hal ini dikarenakan kita masih belum puas dengan ruang penyimpanan internal smartphone yang terbatas. Sehingga kita memperluasnya dengan penyimpanan eksternal.

Handphone terbaru sekalipun, meski sudah menyediakan ruang penyimpanan internal yang besar, tetap menyediakan slot untuk kartu penyimpanan eksternal. Hal ini menandakan bahwa kartu memori menjadi bagian yang tak terpisahkan dengan smartphone dalam dunia gadget.

Jika kita membicarakan kartu memori, kita pasti teringat dengan istilah SD Card, Mini SD, dan Micro SD. Sebenarnya apa perbedaan dari ketiganya? Dan apa pula 'SD' itu?

SD adalah singkatan dari Secure Digital, yang dirancang untuk menyediakan memori berkapasitas besar atau tinggi dalam ukuran kecil. Ketiga kartu memori yang sudah disebutkan tadi, merupakan kartu memori yang paling dicari dan umum digunakan.

Namun sebenarnya, kartu memori dapat dibedakan menjadi beberapa jenis berdasar ukuran, kecepatan, dan kapasitasnya.

1. Berdasar Ukuran
Berdasar ukurannya, kartu memori dibedakan menjadi tiga, yaitu SD Card, Mini SD, dan Micro SD.

SD Card berukuran 24 x 32 mm dengan ketebalan 2 mm. SD Card dilengkapi dengan Content Protection for Recordable Media yang berfungsi untuk mencegah pembajakan. Ada pula Write Protect tab, yang dapat mencegah penghapusan isi kartu memori secara tidak sengaja.

Kemudian dua yang lain yaitu Mini SD dan Micro SD. Mini SD memiliki ukuran 20 x 21,5 mm dengan ketebalan 1,4 mm. Sedangkan Micro SD hanya berukuran 11 x 15 mm dengan tingkat ketebalan 1 mm.

2. Berdasar Kapasitas
Berdasarkan kapasitasnya, kartu memori juga dibagi menjadi tiga, yaitu SDSC, SDHC, dan SDXC.

SDSC atau Secure Digital Standard Capacity, memiliki kapasitas mulai dari 1 MB hingga 2 GB dengan format FAT16. Terkadang, SDSC ini hanya disebut sebagai SD saja tan 'SC'.

Yang kedua adalah SDHC atau kepanjangannya Secure Digital High Capacity. SDHC ini memiliki format FAT32 dengan kapasitas yang lebih besar, yaitu mulai dari 4 GB hingga 32 GB.

Dan terakhir SDXC, kartu memori dengan kapasitas terbesar. SDXC ini berkapasitas mulai dari 64 GB hingga mencapai 2 TB.

3. Berdasar Kecepatan
Kecepatan kartu memori diukur dari seberapa cepat, informasi yang ada dapat dibaca. Pada perangkat yang menulis data terus-menerus seperti video recorder, akan dapat bekerja secara maksimal jika kecepatan kartu memori tinggi. Jika kecepatannya rendah, maka prangkat akan kesulitan dan tidak dapat bekeja secara maksimal.

Tingkat-tingkat kecepatan dalam kartu memori disebut dengan Class. Class dapat dilihat di kartu memori dengan melihat ikon lingkaran yang membentuk huruf C dan didalamnya terdapat angka yang menunjukkan Class kartu memori tersebut.

Class pada kartu memori terbagi menjadi lima, yaitu:
a. Class 0, tidak memiliki kemampuan transfer rate minimum yang spesifik
b. Class 2, kecepatan paling rendah untuk Micro SDHC dengan transfer rate 2 Mbps
c. Class 4, kemampuan transfer rate sebesar 4 Mbps
d. Class 6, kemampuan transfer rate sebesar 6 Mbps
e. Class 10, paling cepat dengan kemampuan transfer rate 10 Mbps

Nah, itulah perbedaan antara macam-macam kartu memori. Memang kartu memori dibagi-bagi menjadi beberapa jenis diatas, tapi hal itu bukan serta-merta menjadi patokan pasti.

0 comments:

Posting Komentar